Sabtu, 08 Juni 2013

Evolusi Adobe Photoshop Dari Masa Ke Masa : 1988 - 2012

0 komentar


Mengedit foto, untuk melakukan hal yang satu ini kira-kira agan menggunakan software apa ya? Apakah kamu menggunakan softwareAshampoo Photo Optimizer 3, GIMP atau Photoshop? Mungkin diantara agan banyak yang menggunakan software PhotoShop. Tidakkah agan ingin tahu bagaimana kisah perkembangan Photoshop dari masa ke masa? Jika agan penasaran ikuti #Techvolusi dari ane berikut ini.

Photoshop dibuat pertama kali oleh Thomas Knoll and John Knoll pada tahun 1988 dan didistribusikan oleh Adobe System pada tahun itu juga. Berikut perkembangan-perkembangan yang bisa agan lihat dari Photoshop versi awal hingga sekarang:

Adobe Photoshop 0.63

Photoshop versi pertama ini dibuat untuk Mac yang dirilis pada January 1988. Icon dari Adobe Photoshop 0.63 hanya gambar mata hitam putih.


Welcome Splash atau About Screen yang dimiliki versi 0.63 juga tidak menarik.


Tools yang dimiliki pun tak banyak hanya Marquee Tool, Lasso Tool, Hand Tools, Erase Tool, Eyedropper Tool, Smudge Tool, Sharpen Tool, Blur Tool, dan Brush Tool.


Berikut gambar lembar kerja atau Workspace dari Adobe PhotoShop 0.63.


Adobe Photoshop 0.87

Adobe Photoshop 0.87
Pada tahun berikutnya 1989 dibulan Maret Thomas Knoll kembali merilis Photoshop dengan versi 0.87. Pembaruan yang terjadi disini terjadi pada Welcome Splash atau About Screen, Magic Wand Tool, dan Clone Stamp Tool.
Sedangkan untuk lembar kerja atau Workspace dan juga iconnya tetap dan masih ditujukan untuk pengguna Mac.

Adobe Photoshop 1.0

Adobe Photoshop 1.0
Setahun setelahnya yaitu pada bulan Februari 1990, Photoshop dirilis dengan versi 1.0 yang cukup membawa perubahan yang fantastis. Perubahan yang terjadi ada pada Welcome Splash atau About Screen yang menampilkan logo Photoshop dan Toolbar yang lebih banyak memiliki Tool seperti: Pen Tool, Zoom Tool, Crop Tool, Gradient Tool, Text Tool dan Line Tool.


Namun untuk icon dan Workspace Photoshop 1.0 masih tetap sama dengan versi sebelum-sebelumnya. Tentu Photoshop 1.0 masih ditujukkan untuk pengguna Mac.


Adobe Photoshop 2.0

Adobe Photoshop 2.0
Fast Eddy adalah codename untuk Adobe Photoshop versi 2.0, di versi 2.0 lah sudah sang developer mulai memberikan codename. Adobe Photoshop 2.0 dirilis pada bulan Juni 1991 dan mempunyai perubahan yang menarik. Ingin tahu perubahan apa saja yang terjadi, berikut ane ulas.

Icon yang dimiliki Photoshop 2.0 sudah mulai bewarna dengan foto mata dan frame bewarna merah.
Untuk tampilan Welcome Splash atau About Screen juga telah memiliki pewarnaan yaitu kanvas dan juga lensa.


Untuk Toolbar masih tetap sama dengan versi 1.0.


Sedangkan untuk Worksapce atau lembar kerja dari Photoshop 2.0masih tetap sama dengan versi sebelumnya. Ada juga fitur tambahan seperti Paths, CMYK Color dan EPS Rasterization.


Adobe Photoshop 2.5

Adobe Photoshop 2.5
Pada November 1992 Adobe Photoshop telah dirilis untuk versi Mac dan juga Windows. Untuk Mac Photoshop diberi codename Merlin dan untuk Windows Photoshop diberi codename Brimstone. Pada tahun berikutnya Photoshop dirilis untuk IRIX dan Solaris. banyak perubahan yang terajadi pada Photoshop versi 2.5 ini diantaranya: 16 bit channel support, Welcome Splash atau About Screen, Toolbar dan Workspace yang lebih rapi.




Adobe Photoshop 3.0

Adobe Photoshop 3.0
September 1994 Photoshop versi 3.0 telah dirilis dengan codename Tiger Mountain untuk Mac, sedangkan untuk Windows, IRIX dan Solaris dirilis pada November 1994. Perubahan yang paling menonjol pada versi ini adalah adanya pallet warna dan juga layer. Untuk icon, Werlcome Splash, Toolbar dan Workspace tidak jauh berbeda.



Adobe Photoshop 4.0

Adobe Photoshop 4.0
Selang dua tahun yaitu November 1996 tepatnya, Adobe kembali merilis Photoshop versi 4.0 yang diberi codename Big Electric Cat baik untuk Windows dan juga Mac. Photoshop versi 4.0 sudah tidak dirilis lagi untuk IRIX dan Solaris. Perbuahan yang menonjol ada yaitu fitur Adjustment Layers dan Actions (macros). Ada juga perubahan lain seperti pada Welcome Splash dan Dodge Tool.



Adobe Photoshop 6.0

Adobe Photoshop 6.0
Venus in Furs adalah codename dari Photoshop 6.0 yang dirilis September 2000. Tampilannya masih sama seperti versi 5.5, 5.0 dan 4.0.Hanya fiturnya yang ditambahkan seperti: Vector Shapes, Liquify salah satu fitur di Filter dan Layer styles/Blending Options dialog.




Adobe Photoshop 7.0

Adobe Photoshop 7.0
Maret 2002 Adobe merilis Photoshop 7.0 yang diberi codename Liquid Sky. Photoshop 7.0 bisa digunakan untuk Windows, Mac OS ‘Classic’ dan Mac OS X. Perubahan yang terjadi disini cukup banyak diantaranya: tampilan yang lebih baik, Toolbar yang miliki Tool lebih banyak, text fully vector, Healing Brush dan painting engine yang baru.



Adobe Photoshop CS1

Adobe Photoshop CS1
Tahukah agan mengenai Adobe Photoshop CS, kira-kira menurut agan apa kepanjangan dari CS? CS adalah kepanjangan dari Creative Suite. Photoshop CS1 dirilis dengan codename Dark Matter pada October 2003 yang bisa digunakan untuk Mac OS X dan Windows. Fitur yang ditambahakan adalah Camera RAW 2.x, Slice Tool, Shadow/Highlight, Lens Blur di menu Filter, Dokumen bisa sampai 300000 pixel dan masih banyak lagi.



Adobe Photoshop CS3

Adobe Photoshop CS3
Red Pill adalah codename dari Photoshop CS3 yang diluncurkan April 2007. Photoshop CS3 membawa hal yang baru pada setiap elemennya, baik tampilan dan juga fitur yang ada. Fitur yang ditambahkan adalah Quick Select tool, Black-and-white conversion adjustment, Auto Align and Auto Blend, Mobile device graphic optimization dan masih banyak lagi. Untuk Photoshop CS3 dapat diinstall di sistem operasi Universal Mac OS X, Windows XP SP2 atau lebih.

Berikut ini tampilan Welcome Splash, icon, Toolbar dan Workspace yang telah diubah menjadi lebih keren dan elegan.



Adobe Photoshop CS4

Adobe Photoshop CS4
Pernah mendengar Stonehenge? Jangan berpikir ini nama tempat pariwisata di Inggris loh..Stonehenge yang satu ini adalah codename untuk Photoshop CS4 yang dirilis October 2008. Fitur baru yang ditambahkan adalah: support Adobe Bridge CS4, support Windows Vista x64, Masks panel, Adjustments panel dan masih banyak lagi. Tampilan juga kembali diubah oleh Adobe seperti icon, Toolbar dan juga Workspace.




Adobe Photoshop CS5

Adobe Photoshop CS5
Photoshop CS5 dirilis pada April 2010 dengan codename White Rabbit. Perubahan yang besar telah dilakukan oleh Adobe untuk Photoshop versi CS5. Perubahan yang dilakukan adalah tampilan dan fitur yang diperbarui diantaranya: tampilan icon, Welcome Splash, Toolbar dan Workspace. Sedangkan untuk fitur adalah: Mixer Brush, Automatic Lens Correction, Camera RAW grain control, support Mac OS X 64 bit dan masih banyak lagi.



Adobe Photoshop CS6

Adobe Photoshop CS6
Tak lama setelah itu Photoshop CS6 muncul dengan codename Superstition yang dirilis pada May 2012. Banyak yang baru di Photoshop CS6 ini, diantaranya: tampilan yang baru dengan tampilan serba hitam, Blur Gallery, Adobe Camera RAW 7, dan masih banyak lagi.


Panjang bukan Evolusi yang telah dicapai Photoshop hingga saat ini? Bisa agan lihat juga Adobe System sangat rajin untuk meluncurkan produk barunya ke pasaran, selang satu atau dua tahun Adobe selalu meluncurkan versi terbaru dari Adobe Photoshop.

Sebenernya saya Salut Sama Software Yang Satu Ini Dari Tahun Ke Tahun Mengalami Perubahan Walaupun Photoshop Sudah Mengalami Evolusi Yang Lebih Bagus Tetap SaJa Saya Tidak Hafal Sama Tools Yang Ada Di Dalam Photoshop.

Thank To : Kaskus / :Deezsign / Googgle

Leave a Reply

Labels

 
Comic Sans MS",sans-serif;">Mau Widget Ini? Klik Disini
[tutup]