Minggu, 09 Juni 2013

Tips Untuk Menghadapi Ujian Nasional Tahun 2013

0 komentar
Apakah Belajar Saja Cukup Untuk Lulus Ujian ?
learn.jpgBerdasarkan hasil survey terdapat 2 faktor utama yang menentukan keberhasilan lulus ujian. Faktor tersebut ialah Faktor Teknis dan Faktor Non Teknis. Yang termasuk dalam faktor teknis ialah belajar, belajar ini meliputi membaca, menulis, menghafal, memahami, berlatih, dsb.
Tahukah anda, bahwa faktor teknis ini hanya menjamin kelulusan sebesar 75% dari syarat lulus ujian. Sisa 25% meliputi persiapan mental, ketelitian, fisik, ketelitian, dsb. Apa lagi sekarang paket soalnya ditambah menjadi 20 paket.
Berikut ini beberapa tips yang meliputi Faktor Non Teknis untuk lulus ujian.
1. Persiapkan Fisik Anda
Konsentrasi prima sangat dibutuhkan untuk mengerjakan soal ujian, maka diperlukan fisik yang sehat. Fisik yang sehat dihasilkan dari makanan 4 Sehat 5 Sempurna, berolahraga secara teratur dan tidur minimal 8 jam menjelang ujian agar tidak mengantuk ketika mengerjakan soal ujian.
2. Lakukan Persiapan Mental
Aturlah emosi agar tetap tenang, hindari perasaan tegang, cemas dan khawatir. Jika tidak mampu mengendalikannya, maka akan mengganggu kosentrasi anda.
3. Peralatan Ujian
Peralatan ujian yang umum ialah Pulpen, pensil, penggaris, penghapus, dsb. Khusus untuk pensil, pensil yang digunakan harus pensil dengan grade kehitaman 2B dan telah lulus OMR (Optical Mark Reader) dan DMR (Digital Mark Reader). Gunakan penghapus khusus EBTA dan SPMB, karena penghapus ini di formulasikan khusus untuk kertas LJK.
4. Baca Perintah Ujian
Bacalah perintah ujian dengan baik dan tidak terburu - buru, sebab sering kali mengabaikan perintah menjawab soal membuat anda salah dalam memberi atau memilih jawaban.
5. Kerjakan Soal Dari Yang Termudah
Kerjakanlah soal yang menurut anda adalah soal yang mudah, lalu teruskan sampai ke tingkat yang lebih sulit.
6. Sisihkan Waktu Untuk Memeriksa Kembali Jawaban
Periksa kembali seluruh jawaban anda mulai dari kolom identitas, nomor ujian, dan jawaban. Jangan terpengaruh oleh teman yang sudah lebih dulu keluar. Pastikan lembar jawaban anda bersih, tidak ada bekas coretan atau serbuk penghapus yang tertinggal.

Mungkin dari sekian banyak tips untuk menghadapi ujian, hanya itu yang dapat saya sampaikan.
Saya berharap tips ini dapat bermanfaat bagi kalian semuanya.

Leave a Reply

Labels

 
Comic Sans MS",sans-serif;">Mau Widget Ini? Klik Disini
[tutup]